Rabu, 26 April 2023

Sholat Hari Raya Idul Fitri 1444 H

 



Masyarakat desa Sijeruk Kecamatan Banjarmangu melaksanakan sholat hari raya Idul Fitri 1444 H secara bersama di lapangan pada Sabtu, 22 April 2023. Pelaksanaan sholat hari raya tahun ini sedikit berbeda dengan tahun lalu. Pasalnya pada tahun ini para perantau dari berbagai daerah yang pulang kampung lebih banyak daripada tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan pada tahun ini tidak ada pemberlakuan wajib vaksin yang diikuti penjagaan ketat oleh petugas kepada para pemudik. Sehingga mereka tidak lagi terhalang untuk berkumpul dan merayakan hari raya bersama keluarga. 

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya setelah selesai pelaksanaan serangkaian ibadah sholat hari raya jamaah bersalaman  dengan semua yang hadir. Jamaah putra bersalaman dengan semua jamaah putra sedangkan jamaah putri bersalaman dengan semua jamaah putri.

Bertindak sebagai Khotib pada pelaksanaan khutbah hari raya kali ini Bapak Idris sedangkan pelaksanaan sholat dipimpin oleh Bapak Haji Rahmat. Serangkaian ibadah dilaksanakan dengan hikmat dan bahagia. Keceriaan tampak dengan jelas pada wajah para jamaah. 

Hari raya Idul Fitri memang fenomenal. Setiap tahun masyarakat merayakannya dengan penuh suka cita disertai tangis bahagia. Semua orang saling memohon maaf satu sama lain. Tidak ada orang yang meminta maaf. Semua merasa bersalah dan memohon maaf dengan saudaranya. 

Selesai melaksanakan serangkaian ibadah sholat hari raya masyarakat saling bersilaturahmi mengunjungi orang tua maupun orang yang lebih tua. Selain menziarahi kerabat seperti biasa pada hari raya Idul Fitri sebagian melaksanakan ziarah kubur dan mendoakan ahli kubur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar